Silabus Budi Pekerti SDN 3 Pempatan

September 1, 2012 by   - dibaca 2,071 kali
Leave a Comment

 


Muatan Lokal untuk Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidaiyah (Mi)

Mata Pelajaran Bahasa Bali dan Budi Pekerti

 

Mata Pelajaran Bahasa Bali untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (Mi)

 

  1. A.  Latar Belakang

Dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014 mengamanatkan bahwa visi pendidikan nasional 2014 adalah “Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif”. Dalam visi tersebut paling tidak terdapat dua hal utama yang perlu digapai, yaitu (1) memberi layanan prima, dan (2) membentuk manusia cerdas. Makna layanan prima dapat diartikan bahwa semua komponen pendidikan mesti saling bekerja sama, bersinergis, dan harus mampu mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan, dan keterjaminan layanan-layanan pendidikan yang merupakan misinya. Dalam hal manusia cerdas dapat dimaknai bukan sekadar pengetahuan dan keterampilan, namun yang lebih penting dari itu adalah cerdas hati, cerdas pikir, cerdas raga, cerdas rasa karsa sehingga mereka memiliki nilai-nilai luhur dan berbudaya. Artinya, manusia yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berbudaya, kreatif, inovatif, serta berkarakter bangsa.

Karakter merupakan perpaduan antara baik dan buruk, berdasarkan moral, etika, dan akhlak. Moral lebih menitikberatkan pada kualitas perbuatan, tindakan, atau tingkah laku manusia atau apakah perbuatan itu bisa dikatakan baik atau buruk, benar atau salah. Sedangkan etika memberikan penilaian tentang baik dan buruk berdasarkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat tertentu. Sedangkan akhlak tatanannya lebih menekankan bahwa pada hakikatnya dalam diri manusia itu telah tertanam suatu keyakinan dimana keduanya (baik dan buruk) itu ada. Karenanya pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik itu, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Tentang muatan lokal Bahasa Bali, Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah menegaskan adanya kewenangan propinsi, kabupaten, dan kota. Untuk pembinaan bahasa dan sastra daerah Bali, pemerintah Bali telah menerbitkan Peraturan Daerah No. 3 tahun 1992 tentang Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali, selanjutnya Kongres Bahasa Bali tahun 2001 merumuskan kebijakan pembinaan Bahasa Bali sebagai berikut.

  1. Meningkatkan sikap positif dan kebanggaan penuturannya terhadap Bahasa Bali.
  2. Meningkatkan pengetahuan penuturannya terhadap Bahasa Bali.
  3. Meningkatkan keterampilan penutur Bahasa Bali yang dilaksanakan melalui pendidikan, pengajaran, dan pemasyarakatan Bahasa Bali.

Pembinaan melalui pendidikan dan pengajaran dilakukan melalui pendidikan formal (Taman Kanak-Kanak, pendidikan dasar, sekolah menengah, dan perguruan tinggi) dan pendidikan non formal. Pengembangan pengajaran Bahasa Bali perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan hakekat pembelajaran bahasa, yaitu belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dan belajar satra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa Bali diarahkan untuk kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Bali, sesuai dengan tata krama masyarakat dan pengajaran Sastra Bali diarahkan untuk menimbulkan penghargaan terhadap hasil karya satra Bali, baik yang klasik (Purwa) maupun yan baru (Anyar).

Kurikulum pengajaran Bahasa Bali tidak dapat lepas dari penyesuaian dengan kurikulum nasional yang berbasis kompetensi sesuai dengan Permen No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, karena Bahasa Bali adalah bahas daerah dan Bali sendiri adalah bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Standar Isi (Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar) dan Standar Kelulusan (SKL)

Bahasa Bali memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan dan peradaban masyarakat Bali serta memiliki peran sentral dalam pengembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Sebagai salah satu keunggulan lokal di Bali, pembelajaran Bahasa Bali diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih mengenal, mencintai, dan ikut melestarikan keunggulan lokal Bali. Menyadari bahwa peran Bahasa Bali amat penting dalam kehidupan masyarakat Bali, maka pengembangan Bahasa Bali terus dilakukan, disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan tuntutan zaman. Pembelajaran Bahasa Bali diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Bali sesuai dengan tata krama masyarakat Bali.

Sebagai salah satu bahasa daerah di Indonesia, bahasa Bali berfungsi sebagai:

  1. Lambang kebanggaan daerah dan masyarakat Bali
  2. Lambang identitas daerah dan masyarakat Bali
  3. Alat penghubung di dalam keluarga dan masyarakat Bali
  4. Pendukung sastra daerah Bali dan sastra Indonesia. Aksara bali memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pengembangan budaya masyarakat Bali berfungsi sebagai:
  5. Sarana pengembangan kesastraan Bali
  6. Wadah/wahana pengembangan seni budaya Bali
  7. Sarana pendidikan, adat, dan budaya Bali

Sastra Bali merupakan bukti historis masyarakat Bali, yang merupakan salah satu bagian dari kebudayaan nasional berkedudukan sebagai wahana ekspresi budaya yang di dalamnya mengandung pengolahan estetik, religius, dan sosial politik masyarakat bali yang berfungsi sebagai:

  1. Perekam perkembangan kebudayaan daerah Bali
  2. Menumbuhkembangkan rasa solidaritas kemanusiaan
  3. Sarana peningkatan harkat dan martabat manusia

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Bali merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Bali.

Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Bali ini diharapkan:

  1. Peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan sebagai hasil intelektual masyarakat Bali.
  2. Guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa Bali peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar.
  3. Guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan Bali sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya.
  4. Sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan Bali sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia.

 

  1. B.  Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Bali bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku dalam masyarakat Bali, baik secara lisan maupun tulis.
  2. Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Bali sebagai bahasa daerah dan bahasa ibu.
  3. Memahami Bahasa Bali dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  4. Menggunakan Bahasa Bali untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra Bali untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Bali.
  6. Menghargai dan membanggakan sastra Bali sebagai budaya dan hasil intelektual masyarakat Bali.

 

  1. C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Bali mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra Bali yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Mendengarkan
  2. Berbicara
  3. Membaca
  4. Menulis

Pada akhir pendidikan di SD/Mi, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan non sastra Bali.

 

  1. D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng (satua) yang dilisankan
 

1.1  Membedakan berbagai bunyi bahasa

1.2  Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

1.3  Mengungkapkan tokoh-tokoh dalam cerita (satua)

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan melalui perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda di sekitar, menyebutkan fungsi anggota tubuh, mesatua dan megendingan
 

2.1  Memperkenalkan diri sendiri dan keluarga dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

2.2  Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

2.3  Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana

2.4  Menceritakan dongeng (satua) dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

2.5  Melantunkan gending-gending Bali yang sederhana (sekar rare)

Membaca

  1. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
 

3.1  Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat

3.2  Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Menulis

  1. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
 

4.1  Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

4.2  Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf

4.3  Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar

4.4  Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

 


 

Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng (satua)
 

5.1  Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

5.2  Mengungkapkan tokoh dongeng (satua) dengan kalimat sederhana

5.3  Mengungkapkan isi pesan dalam dongeng yang didengarkannya

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng (satua)
 

6.1   Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

6.2  Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai

6.3  Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana

6.4  Memerankan tokoh dongeng (satua) yang disukai dengan ekspresi yang sesuia

Membaca

  1. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi Bali
 

7.1   Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat

7.2  Membaca puisi Bali yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat

Menulis

  1. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin
 

8.1   Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

8.2  Menyalin puisi Bali dengan tegak bersambung

 


 

Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami teks pendek dan cerita (satua) pendek yang dilisankan
 

1.1  Menceritakan kembali dengan kalimat sederhana isi pokok teks pendek yang dilisankan

1.2  Menceritakan kembali dengan kalimat sendiri isi cerita (satua) pendek

1.3  Mengungkapkan nama tokoh dalam cerita yang didengar

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, bermain peran, dan megending
 

2.1   Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

2.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain

2.3  Bermain peran berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan cerita yang dipelajari

2.4  Melantunkan gending-gending sederhana (sekar rare)

Membaca

  1. Memahami teks pendek dengan membaca lancar, dan membaca puisi Bali
 

3.1   Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar

3.2  Membaca puisi Bali dengan lafal dan intonasi yang tepat

Menulis

  1. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
 

4.1   Menyalin teks atau wacana singkat

4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik

4.3  Menulis pengalaman sendiri menggunakan kata-kata dan kalimat sederhana

 


 

Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami pesan pendek dan dongeng (satua) yang dilisankan
 

5.1   Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain

5.2  Menceritakan kembali isi dongeng (satua) yang didengarkannya

Berbicara

  1. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda, bercerita, dan megending
 

6.1  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalmat yang mudah dipahami orang lain

6.2  Menceritakan kembali cerita (satua Bali) anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri

6.3  Melantunkan gending-gending Bali (pupuh-pupuh sederhana)

Membaca

  1. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
 

7.1  Membaca nyaring teks (15 – 20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat

7.2  Menggunakan isi teks (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati

Menulis

  1. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi Bali
 

8.1   Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis

8.2  Menyalin puisi Bali dengan huruf tegak bersambung yang rapi

 


 

Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami penjelasan tentang petunjuk, cerita (satua), gending-gending Bali yang dilisankan
 

1.1   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan

1.2  Mengungkapkan sifat-sifat tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

1.3  Menirukan gending-gending Bali yang diperdengarkan

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, pengalaman, dan perasaan secara lisan, menceritakan kembali isi cerita, wacana serta mampu bercakap-cakap sesuai tata krama
 

2.1  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

2.2  Menjelaskan urutan melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

2.3  Menceritakan peristiwa dalam gambar yang diberikan

2.4  Melakukan percakapan sederhana menggunakan tata krama berkomunikasi

Membaca

  1. Memahami teks dan wacana dengan membaca lancar (huruf latin), membaca bersuara (permulaan aksara Bali) anacaraka, membaca titi suara gending Bali
 

3.1  Membaca nyaring teks huruf latin (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.2  Menjelaskan isi teks huruf latin (100 – 150 kata) melalui membaca intensif

3.3  Menceritakan isi teks dan wacana yang dibaca

3.4  Membaca permulaan aksara Bali

3.5  Membaca titi suara gending Bali

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran serta perasaan, menyusun kalimat, mengarang sederhana (dengan huruf latin) dan menulis permulaan aksara Bali
 

4.1   Menyusun karangan sederhana berdasarkan gambar seri yang diberikan menggunakan huruf latin

4.2  Menulis permulaan aksara Bali

4.3  Menyalin huruf latin ke aksara Bali

 


 

Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami satua, teks drama anak, dan gending-gending Bali yang dilisankan
 

5.1   Memberikan tanggapan sederhana tentang satua yang didengarnya

5.2  Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya

5.3  Menirukan gending-gending Bali yang diperdengarkan

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
 

6.1  Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan bahasa Bali yang santun

6.2  Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar menggunakan kalimat sederhana sesuai tata krama berkomunikasi

Membaca

  1. Memahami teks dan wacana dengan membaca lancar (huruf latin), membaca bersuara (permulaan aksara Bali), membaca titi suara gending Bali
 

7.1  Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks huruf latin agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif

7.2 Membaca permulaan kata-kata yang ditulis dalam aksara Bali yang sederhana

7.3 Melantunkan gending Bali menggunakan titi suara gending Bali

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran serta perasaan, menyusun kalimat, mengarang sederhana (dengan huruf latin) dan menulis permulaan aksara Bali
 

8.1   Menulis karangan sederhana berdasarkan tema sederhana yang diberikan menggunakan aksara latin

8.2  Menulis kata-kata sederhana menggunakan aksara Bali

8.3  Menyalin huruf latin ke aksara Bali

 


 

Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Mendengarkan ragam wacana lisan tentang nasihat, percakapan antarteman, petunjuk, dan tugas
 

1.1  Menjelaskan kembali isi nasihat yang dilisankan

1.2  Melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuk yang dilisankan

1.3  Melakukan sesuatu sesuai dengan tugas yang dilisankan

1.4  Menceritakan pokok-pokok pikiran dalam percakapan yang diperdengarkan

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan, menceritakan pengalaman, mendeskripsikan benda, peristiwa, seseorang
 

2.1  Mendeskripsikan benda, peristiwa, seseorang, atau gambar dengan kalimat yang runtut

2.2  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman pribadi dengan lisan

2.3  Menceritakan suatu peristiwa yang pernah dialami

Membaca

  1. Memahami teks yang menggunakan huruf latin dan aksara Bali dengan lancar, membaca cepat, diam, membaca prosa, puisi Bali anyar dan gending Bali
 

3.1  Membaca cepat dan lancar teks yang menggunakan huruf latin dan aksara Bali

3.2  Mengungkapkan isi bacaan/teks melalui membaca diam

3.3  Membaca prosa dan puisi Bali anyar

3.4  Membaca jenis-jenis pantun

3.5  Melantunkan gending-gending Bali

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk narasi, deskripsi, melanjutkan wacana, menyempurnakan kalimat
 

4.1   Menulis narasi dan deskripsi menggunakan aksara Bali

4.2  Menulis karangan singkat menggunakan bahasa Bali lumrah

4.3  Menyempurnakan kalimat dan melanjutkan wacana

4.4  Membuat pantun dengan bahasa Bali

 


 

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pupuh macepat
 

5.1   Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan

5.2  Menirukan pembacaan pupuh macepat dengan lafal dan intonasi yang tepat

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan melalui kegiatan berdiskusi, melakukan percakapan, bermain peran dan menceriakan isi wacana atau dongeng
 

6.1   Mendiskusikan ragam permasalahan sederhana yang diberikan

6.2  Melakukan percakapan dan bermain peran

6.3  Menceritakan kembali isi wacana dan dongeng

Membaca

  1. Memahami teks yang menggunakan huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif, membaca nyaring, membaca cerita prosa, puisi Bali anyar dan gending Bali
 

7.1  Menentukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif teks yang menggunakan aksara Bali

7.2  Menentukan pola untuk mencari kalimat utama pada teks aksara Bali

7.3  Membaca nyaring prosa dan puisi Bali anyar

7.4  Membaca pantun berbahasa Bali

7.5  Melantunkan gending-gending Bali

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, melengkapi bagan dan menulis surat
 

8.1  Menulis karangan singkat menggunakan bahasa Bali lumrah

8.2  Menulis pengumunan dengan bahasa Bali yang santun

8.3  Melengkapi bagan dan menulis surat kepada teman sebaya

8.4  Membuat pantun dengan bahasa Bali

 


 

Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami penjelasan guru, nara sumber dalam bentuk ragam wacana lisan (penjelasan, pesan, cerita, gending Bali)
 

1.1   Menanggapi penjelasan guru dan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun bahasa

1.2  Menceritakan unsur ceria pendek dan pesan yang didengarnya

1.3  Menyampaikan kembali pesan yang didengarnya

1.4  Menirukan gending Bali yang diperdengarkan

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan, menggunakan bahasa yang komutatif, dengan menanggapi suatu masalah, suatu penjelasan, laporan, dan percakapan
 

2.1  Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya

2.2  Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa

2.3  Melaporkan hasil karya wisata dengan bahasa runtut, baik, dan benar secara lisan

Membaca

  1. Memahami berbagai ragam wacana dan teks dengan berbagai cara membaca (lancar, diam, intensif, dan cepat) untuk memperoleh berbagai informasi, dan membaca gending macepat
 

3.1  Membaca cepat dan lancar teks dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.2  Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca

3.3  Menentukan pola dalam mencari gagasan utama teks yang dibaca

3.4  Membaca indah/berirama

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis  (latin dan aksara Bali) dalam bentuk karangan, surat undangan
 

4.1   Menulis karangan berdasarkan pengalaman menggunakan huruf latin dan aksara Bali

4.2  Menulis surat undangan (acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) menggunakan huruf latin dan aksara Bali

 


 

Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami penjelasan guru, nara sumber dalam bentuk ragam wacana lisan (penjelasan, pesan, cerita, gending Bali)
 

5.1   Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan

5.2  Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, makna)

5.3  Menyampaikan pesan dari gegendingan yang didengar

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan, menggunakan bahasa yang komukatif, dengan menanggapi suatu masalah, suatu penjelasan, laporan, dan percakapan
 

6.1   Menanggapi suatu permasalahan disertai alasan yang mendukung menggunakan bahasa yang santun

6.2  Menyampaikan hasil suatu kegiatan secara lisan

6.3  Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Membaca

  1. Memahami berbagai ragam wacana dan teks dengan berbagai cara membaca (lancar, diam, intensif, dan cepat) untuk memperoleh berbagai informasi, dan membaca gending macepat
 

7.1  Mengungkapkan isi teks dan wacana yang dibaca dengan membaca sekilas

7.2  Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (eedan karya pujawali, pakeling, msl)

7.3  Melantunkan gending macepat sederhana

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis  (latin dan aksara Bali) dalam bentuk karangan, surat undangan, dan puisi Bali anyar
 

8.1   Meringkas isi wacana yang diberikan menggunakan kalimat dan kata-kata sendiri

8.2  Menulis karangan sederhana menggunakan tulisan latin dan aksara bali lumrah

8.3  Menulis puisi Bali anyar dengan pilihan kata yang tepat

 


 

Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan cerita
 

1.1   Menulis hal-hal pentinf/pokok dari suatu wacana yang dibacakan

1.2  Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau makna dari cerita (satua) yang dibacakan

1.3  Menuliskan pesan yang disampaikan melalui prosa, puisi, dan gending Bali yang diperdengarkan

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap tentang berbagai topik, menceritakan kembali apa yang didengar, dan dibaca
 

2.1  Menceritakan secara lisan pengalaman melakukan suatu kegiatan

2.2  Menanggapi (mengkritik/memuji) suatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

2.3  Memerankan drama anak yang singkat

Membaca

  1. Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, cerita rakyat dengan membaca intensif dan membaca sekilas
 

3.1  Membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang sesuai

3.2  Menceritakan dengan kata-kata dan kalimat sendiri cerita yang dibaca

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali
 

4.1   Menuliskan kerangka pidato huruf latin dan aksara Bali

4.2  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar menggunakan huruf latin dan aksra Bali

4.3  Menyalin teks, wacana yang menggunakan aksara Bali

 


 

Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan drama pendek
 

5.1   Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio

5.2  Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, bercerita, dan baca puisi Bali anyar
 

6.1   Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat

6.2  Menceritakan pengalaman tentang liburan

6.3  Membaca puisi Bali anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat

Membaca

  1. Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca intensif dan membaca lancar
 

7.1  Menentukan makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif

7.2  Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak

7.3  Membaca lancar puisi Bali huruf latin dan aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai

7.4  Membaca pantun berbahasa Bali

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
 

8.1   Menyusun naskah pidato/sambutan menggunakan huruf latin dan aksara Bali

8.2  Menuliskan karangan pidato huruf laitn dan aksara Bali

8.3  Menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin

8.4  Menyalin teks huruf latin ke aksara Bali

 

  1. E.  Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan nateri pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatkan Standar Proses dan Standar Penilaian.


 

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

 

Mata Pelajaran: Bahasa Bali SD/Mi

  1. 1.    Mendengarkan

Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun, dan cerita rakyat.

  1. 2.    Berbicara  

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran,perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.

  1. 3.    Membaca

Memahami berbagai teknik membaca dalam bentuk wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama.

  1. 4.    Menulis

Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.


 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : BAHASA BALI

KELAS/SEMESTER           : I/1

TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng (satua) yang dilisankan
1.1  Membedakan berbagai jenis bunyi/bahasa binatang Kejujuran, rasa ingin tahu

C2

1.1.1   Membedakan berbagai bunyi jenis binatang di lingkungan sekitar

1.1.2   Mengucapkan bunyi berbagai jenis binatang

C1

C1

Berbagai jenis suara binatang melalui audio visual Mendengar

Menyimak

2 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan melalui perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda di sekitar, menyebutkan fungsi anggota tubuh, mesatua dan megendingan
2.1  Memperkenalkan diri sendiri dan keluarga dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun Tanggung jawab, disiplin

C2

2.1.1   Menyebutkan data diri (nama, kelas) dengan bahasa Bali sehari-hari

2.1.2   Bercakap-cakap antarteman tentang nama ayah, ibu, pekerjaan, jumlah saudara, dengan bahasa Bali sehari-hariyang santun

C1

C1

Teks kalimat sederhana tentang data diri

Teks dialog sederhana tentang data diri (nama, ayah,ibu, pekerjaan, jumlah saudara)

Berbicara

4 x 35 mt

2.2  Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun Bersahabat/

komunikatif

C3

2.2.1   Melakukan tegur sapa dengan teman, guru, dan orang yang lebih tua

2.2.2   Membiasakan diri dalam kehidupan sehari-hari menyapa teman dengan bahasa santun

C3

C3

Kalimat-kalimat sapaan dengan bahasa yang santun Berbicara

2.3  Mendaftar nama dan ciri-ciri benda sekitar  

2.3.1   Menyebutkan nama benda sekitar dan cirinya secara sederhana

C1

Paparan tentang benda-benda sekitar  

2.4  Menunjukkan nama anggota badan dan fungsinya dengan kalimat sederhana  

2.4.1   Menyebutkan bagian-bagian anggota badan dan fungsinya dengan kalimat benar

2.4.2   Membedakan fungsi setiap bagian anggota badan dengan kalimat sederhana

C1

C3

Nama bagian anggota tubuh dan fungsinya Berbicara

2.5  Menceritakan tokoh dongeng (satua) dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun Tanggung jawab, disiplin

C3

2.5.1   Menyebutkan nama tokoh dongeng dalam cerita yang dibaca

2.5.2   Bercakap-cakap dengan teman tentang tokoh dongeng yang dibacanya

C1

C3

Satua Bali tentang tokoh tertentu dalam dongeng/satua Berbicara

2 x 35 mt

2.6  Melantunkan gending-gending Bali yang sederhana (sekar rare)  

2.6.1   Melafalkan baris-baris gendingan dengan lafal yang benar

2.6.2   Melagukan gending Bali (sekar rare) dengan irama dan rasa yang  benar

C2

C3

Gending Bali (sekar rare) Berbicara

2 x 35 mt

  1. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
3.1  Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat Gemar membaca

C1

3.1.1   Mengucapkan kata dalam teks pendek dengan lafal, intonasi yang benar

3.1.2   Membaca nyaring bersuara dapat didengar siswa lain kata, label, angka dengan lafal dan intonasi yang benar

C1

C1

Kata, label, angka

 

Kalimat-kalimat sederhana

Membaca

2 x 35 mt

3.2  Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat  

3.2.1   Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar

3.2.2   Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar

C1

C1

Teks cerita dan teks non cerita  

  1. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
4.1  Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf Kreatif

P1

4.1.1   Menebalkan garis tegak, lingkaran, dan miring

4.1.2   Menjiplak bentuk garis tegak, lingkaran, dan garis miring

P1

P2

Garis tegak, lengkung, lingkaran, dan miring

Kata, kalimat sederhana

Menulis

2 x 35 mt

4.2  Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran  

4.2.1   Menebalkan salah satu bentuk gambar atau lingkaran

P1

Huruf, kata, kalimat sederhana  

2 x 35 mt

4.3  Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar  

4.3.1   Menyalin atau mencontoh dari papan tulis atau buku huruf, kata, atau kalimat sederhana

4.3.2   Membuat label nama benda dalam kelas

P1

A2

Label dan kalimat sederhana  

4 x 35 mt

4.4  Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar Rasa ingin tahu

A3

4.4.1   Membuat kalimat berdasarkan gambar

4.4.2   Melengkapi kalimat

4.4.3   Menyusun kalimat sederhana dengan kata-kata acak

A1

Cerita gambar

Kalimat dalam kata-kata acak

 

4 x 35 mt

 


PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : BAHASA BALI

KELAS/SEMESTER           : II/1

TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami teks pendek dan cerita (satua) pendek yang dilisankan
1.1  Menceritakan kembali dengan kalimat sederhana isi pokok teks pendek yang dilisankan Kerja keras

C3

1.1.1   Mengungkapkan isi pokok cerita pendek yang dilisankan

1.1.2   Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita/dongeng

C2

C3

Teks dongeng-dongeng Bali Mendengar

 

Menyimak

2 x 35 mt

1.2  Menceritakan kembali dengan kalimat sendiri isi cerita (satua) pendek Kerja keras

C3

1.2.1   Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri

1.2.2   Mengungkap isi pokok cerita (satua) pendek yang dilisankan

1.2.3   Menuliskan isi pokok cerita (dongeng) yang didengar

1.2.4   Menceritakan kembali cerita pendek (satua) yang dilisankan

   

1.3  Mengungkapkan nama tokoh dalam cerita yang didengar Kreatif

C2

1.3.1   Menuliskan kembali nama tokoh cerita yang  didengar

C1

Teks cerita Mendengar

Menyimak

2 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, bermain peran, dan megending
2.1  Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa Rasa ingin tahu

A1

2.1.1   Mengemukakan pertanyaan menggunakan kata tanya dan pilihan kata yang tepat serta santun berbahasa

2.1.2   Menulis kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya yang tepat

A1

A1

Kata tanya (apa, nyen, dija) Berbicara

4 x 35 mt

2.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain  

2.2.1   Menyebutkan urutan kegiatan sehari-hari dengan pilihan kata yang mudah dipahami

2.2.2   Menanggapi cerita teman tentang kehdupan sehari-hari dengan mengajukan pertanyaan

A1

A1

   

2.3  Bermain peran berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan cerita yang dipelajari Tanggung jawab

C3

2.3.1   Melakukan percakapan sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah, sekolah, atau lingkungan sekitar

2.3.2   Memerankan tokoh yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan cerita yang  dipelajari dengan dialog yang  sederhana

C3

C3

Teks percakapan kegiatan sehari-hari Berbicara

2 x 35 mt

2.4  Melantunkan gending-gending sederhana (sekar rare) Kreatif

C2

2.4.1   Melafalkan baris-baris gending rare

2.4.2   Melagukan gending Bali sekar rare

C2

Gending-gending Bali sekar rare Berbicara

2 x 35 mt

  1. Memahami teks pendek dengan membaca lancar, dan membaca puisi Bali
3.1  Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar Gemar membaca

C1

3.1.1   Melafalkan kata-kata dalam teks pendek yang benar

3.1.2   Membaca teks pendek dengan tepat dan lancar

C1

C1

Teks wacana Membaca

4 x 35 mt

3.2  Menceritakan isi teks pendek dengan kalimat sederhana  

3.2.1   Mencari isi pokok teks pendek dengan kalimat sederhana

3.2.2   Menceritakan kembali isi teks pendek dengan kalimat sederhana

C1

P1

  Membaca

4 x 35 mt

3.3  Membaca puisi Bali dengan lafal dan intonasi yang tepat Gemar membaca

C1

3.3.1   Membaca kalimat-kalimat dalam puisi Bali dengan lafal yang benar

3.3.2   Membaca puisi Bali dengan lafal dan intonasi yang benar serta mengapresiasi dengan mimik dan gerak

C1

Teks puisi Bali Membaca

2 x 35 mt

  1. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
4.1  Menyalin teks atau wacana singkat Kreatif

C2

4.1.1   Menyalin teks wacana yang ditentukan dengan tulisan tegak bersambung

4.1.2   Melengkapi kalimat sesuai dengan suruhan

C2

C2

Teks wacana Menulis

2 x 35 mt

4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik  

C1

4.2.1   Menulis kalimat yang benar sesuai ejaan yang tepat dan benar

4.2.2   Menulis kalimat yang didiktekan dengan penggunaan ejaan yang tepat dan benar

C1

C1

Menyempurnakan kalimat-kalimat yang didiktekan guru  

2 x 35 mt

2 x 35 mt

 


 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : BAHASA BALI

KELAS/SEMESTER           : III/1

TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami penjelasan tentang petunjuk, cerita (satua), gending-gending Bali yang dilisankan
1.1  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan Mandiri

C2

1.1.1    Mendengarkan penjelasan petunjuk yang disampaikan secara lisan

1.1.2   Menanggapi penjelasan yang disampaikan secara lisan

C2

C2

Teks berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu Mendengar

2 x 35 mt

1.2  Mengungkapkan sifat-sifat tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan Rasa ingin tahu

C2

1.2.1   Melakukan perintah atas petunjuk yang disampaikan

1.2.2   Mendengarkan pembacaan teks cerita anak yang disampaikan guru

1.2.3   Mengungkapkan tokoh-tokoh dalam cerita  anak

1.2.4   Menanggapi karakter tokoh cerita anak

1.2.5   Menceritakan kembali cerita anak yang didengar dengan bahasa sendiri

C1

C1

C1

Teks cerita anak Mendengar

2 x 35 mt

1.3  Menirukan gending-gending Bali yang diperdengarkan Mandiri

C1

1.3.1   Mendengarkan lagu Bali yang diperdengarkan oleh guru

1.3.2   Menirukan lagu Bali baris per baris yang diperdengarkan oleh guru

C1

Teks lagu-lagu Bali (pupuh ginanti) Mendengar

4 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, pengalaman, dan perasaan secara lisan, menceritakan kembali isi cerita, wacana serta mampu bercakap-cakap sesuai tata krama
2.1  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami Tekun, disiplin, bertanggung jawab

P1

2.1.1   Menceritakan pengalaman tertentu yang terkesan

2.1.2   Menanggapi cerita dari teman dengan bahasa yang santun

Cerita tentang pengalaman yang menarik, kegiatan sehari-hari  

2.2  Menjelaskan urutan melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami Tekun, bertanggung jawab

A1

2.2.1   Menyebutkan cara melakukan, membuat sesuatu dengan urutan yang benar

2.2.2   Melakukan suatu kegiatan permainan dengan urutan yang benar

A1

P1

Teks yang berisi tentang melakukan kegiatan permainan  

2.3  Menceritakan peristiwa dalam gambar yang diberikan Tekun, disiplin, bertanggung jawab

A1

2.3.1   Bercerita sesuai dengan gambar seri

2.3.2   Memberi judul suatu teks gambar seri

A1

Gambar cerita berseri  

2.4  Melakukan percakapan sederhana menggunakan tata krama berkomunikasi  

2.4.1   Bercakap-cakap tentang pengalaman sendiri

2.4.2   Bercakap-cakap sesuai teks cerita dan drama

2.4.3   Bercakap-cakap sesuai tata krama, sopan santun

P1

P1

Cerita pengalaman

 

Teks cerita drama

 

  1. Memahami teks dan wacana dengan membaca lancar (huruf latin), membaca bersuara (permulaan aksara Bali) anacaraka, membaca titi suara gending Bali
3.1  Membaca nyaring teks huruf latin (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat Tekun, disiplin

P1

3.1.1   Membaca teks wacana huruf latin dengan lancar

3.1.2   Mencatat hal-hal pokok dalam wacana

3.1.3   Menjawab pertanyaan tentang isi wacana

3.1.4   Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri

C1

P1

A1

Teks wacana huruf latin  

3.2  Menjawab pertanyaan dari isi teks huruf latin yang dibacanya secara intensif  

 

   

3.3  Membaca permulaan aksara Bali Disiplin

C1

3.3.1   Membaca teknis bersuara teks wacana aksara Bali

3.3.2   Membaca teks ringkas aksara Bali

C1

Teka wacana aksara Bali  

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, menyusun kalimat, mengarang sederhana (dengan huruf latin) dan menulis permulaan aksara Bali
4.1  Menyusun karangan sederhana berdasarkan gambar seri Tekun, disiplin

P1

4.1.1   Menulis teks dari gambar seri

4.1.2   Mengarang sederhana pernyataan pikiran perasaan dan pengalaman

4.1.3   Menulis bentuk aksara Bali dengan benar

   

4.2  Menulis permulaan aksara Bali Tekun, disiplin

P1

4.2.1

P1

Gambar cerita berseri

Contoh judul-judul karangan peta aksara Bali

 

4.3  Menyalin kata, kalimat huruf latin ke aksara Bali Tekun, bertanggung jawab

P1

4.3.1   Menulis kata, kalimat sederhana menggunakan aksara Bali sesuai dengan pasang aksara Bali

4.3.2   Menulis menyempurnakan kalimat sesuai dengan suruhan

P1

P1

Daftar kata, kalimat huruf latin pedoman pasanga aksara Bali  


 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : BAHASA BALI

KELAS/SEMESTER           : IV/1

TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Mendengarkan ragam wacana lisan tentang nasihat, percakapan antarteman, petunjuk, dan tugas
1.1  Menjelaskan kembali isi nasihat yang dilisankan Rasa ingin tahu

C2

1.1.1   Mendengarkan isi nasehat yang disampaikan secara lisan

1.1.2   Melaksanakan tugas berdasarkan nasehat yang disampaikan secara lisan

C2

Kalimat-kalimat yang mengandung nasehat Mendengar

Menyimak

4 x 35 mt

1.2  Melakukan sesuatu sesuai dengan petunjuk yang dilisankan Disiplin, mandiri

C3

1.2.1   Mendengarkan petunjuk yang disampaikan secara lisan

1.2.2   Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang didengar

1.2.3   Menentukan pokok-pokok dari percakapan yang didengar

1.2.4   Memberi tanggapan tentang isi percakapan

1.2.5   Mengutarakan kembali isi percakapan

C3

Petunjuk mengerjakan sesuatu

Petunjuk melaksanakan tugas

Mendengar

Menyimak

4 x 35 mt

1.3  Melakukan sesuatu sesuai dengan tugas yang dilisankan Kreatif

C3

1.3.1   Mendengarkan sesuatu tugas yang disampaikan secara lisan

1.3.2   Melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk

C3

Teks dialog disampaikan secara lisan  

1.4  Menceritakan pokok-pokok pikiran dalam percakapan yang diperdengarkan  

1.4.1

   

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan, menceritakan pengalaman, mendeskripsikan benda, peristiwa, seseorang
2.1  Mendeskripsikan benda, peristiwa, seseorang, atau gambar dengan kalimat yang runtut Tanggung jawab

P1

2.1.1   Memaparkan benda, atau seseorang sesuai dengan bentuk, warna, sifatnya

2.1.2   Memaparkan peristiwa dengan memperhatikan apa, dimana, dan kapan terjadi

P1

Gambar-gambar benda sekitar, peristiwa, dan seseorang Berbicara

4 x 35 mt

2.2  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman pribadi dengan lisan Mandiri

C3

2.2.1   Bercakap-cakap tentang kegemaran, kesenangan, pengalaman, dan masalah pribadi

2.2.2   Mendramatisasikan percakapan sesuai dengan teks

C2

C3

Teks percakapan  

4 x 35 mt

2.3  Menceritakan suatu peristiwa yang pernah dialami Disiplin

C3

2.3.1   Menceritakan pengalaman sendiri dengan kalimat sederhana

C3

Teks wacana/cerita huruf latin/aksara Bali  

2 x 35 mt

  1. Memahami teks yang menggunakan huruf latin dan aksara Bali dengan lancar, membaca cepat, diam, membaca prosa, puisi Bali anyar dan gending Bali
3.1  Membaca cepat dan lancar teks yang menggunakan huruf latin dan aksara Bali Gemar membaca

C1

3.1.1   Membaca dengan teliti teks wacana huruf latin dan aksara Bali

3.1.2   Menyebutkan struktur cerita, tempat, waktu, peristiwa, dan alur cerita

3.1.3   Menyebutkan tema cerita

C1

Teks wacana  

4 x 35 mt

3.2  Mengungkapkan isi bacaan/teks melalui membaca diam Rasa ingin tahu

A2

3.2.1   Membaca intensif teks wacana yang disediakan

3.2.2   Mencatat isi teks denan cermat

3.2.3   Menjawab pertanyaan tentang isi wacana

A2

A2

Teks prosa dan puisi Membaca

4 x 35 mt

3.3  Membaca prosa dan puisi Bali anyar Kerja keras

C1

3.3.1   Membaca prosa dengan lafal dan intonasi yang benar

3.3.2   Membaca puisi Bali anyar dengan memperhatikan irama yang sesuai

C1

Teks prosa Membaca

4 x 35 mt

3.4  Membaca jenis-jenis pantun Gemar membaca

C1

3.4.1   Membaca pantun Bali dengan berirama

C1

Gending-gending Bali (sekar alit) Membaca

4 x 35 mt

3.5  Melantunkan gending-gending Bali Cinta tanah air

P1

3.5.1   Membaca baris demi baris gending Bali dengan berirama

3.5.2   Membaca gending Bali dengan irama yang benar

3.5.3   Mengapresiasi gending Bali dengan perasaan dan mimik

P1

Karangan dengan aksara Bali Membaca

2 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk narasi, deskripsi, melanjutkan wacana, menyempurnakan kalimat
4.1  Menulis narasi dan deskripsi menggunakan aksara Bali Gemar menulis

C2

4.1.1   Mengarang narasi dengan kalimat beraksara Bali

4.1.2   Menuliskan pengalaman dengan runtun

4.1.3   Memaparkan bentuk sifat benda

4.1.4   Memaparkan bentuk sosok seseorang

C2

Contoh gambar benda Menulis

4 x 35 mt

4.2  Menulis karangan singkat menggunakan bahasa Bali lumrah Cinta tanah air

A3

4.2.1   Menentukan tema karangan

4.2.2   Menentukan judul karangan

4.2.3   Menyusun karangan sesuai dengan kerangka karangan yan benar (pembukaan, isi, dan penutup)

A2

Contoh tema-tema karangan  

4 x 35 mt

4.3  Menyempurnakan kalimat dan melanjutkan wacana Rasa ingin tahu, mandiri

A2

4.3.1   Menulis dan mengembangkan kalimat dan kebahasaan

4.3.2   Menyempurnakan percakapan, cerita, silsilah

A2

Pengembangan kebahasaan

Percakapan, cerita, bagan silsilah

 

4 x 35 mt

4.4  Membuat pantun dengan bahasa Bali  

4.4.1   Menyusun pantun berbahasa Bali

A2

Contoh pantun bahasa Bali  

2 x 35 mt


 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : BAHASA BALI

KELAS/SEMESTER           : V/1

TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami penjelasan guru, nara sumber dalam bentuk ragam wacana lisan (penjelasan, pesan, cerita, gending Bali)
1.1  Menanggapi penjelasan guru dan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun bahasa Disiplin

A2

1.1.1   Mencatat pokok-pokok penjelasan guru

1.1.2   Mengajukan pertanyaan kepada nara sumber

1.1.3    Menanggapi isi penjelasan

A2

Penjelasan guru yang disampaikan secara lisan

Daftar pertanyaan wawancara berupa angket

Mendengar

4 x 35 mt

1.2  Menceritakan unsur ceria pendek dan pesan yang didengarnya Tanggung jawab

1.2.1   Memberi penjelasan unsur-unsur cerita pendek dari pesan yang didengar

1.2.2   Menentukan pokok pikiran dalam sebuah cerita pendek

1.2.3   Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri

C1

Teks cerita pendek Mendengar

4 x 35 mt

1.3  Menyampaikan kembali pesan yang didengarnya Cinta tanah air

C2

1.3.1   Mencatat hal-hal pokok yang perlu disampaikan

1.3.2   Menyampaikan isi pesan dengan bahasa yang santun

C2

   

2 x 35 mt

1.4  Menirukan gending Bali yang diperdengarkan  

C1

1.4.1   Menyanyikan gending Bali pupuh macepat yang didengar

C1

Pesan yang disampaikan secara lisan  

2 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan secara lisan, menggunakan bahasa yang komutatif, dengan menanggapi suatu masalah, suatu penjelasan, laporan, dan percakapan
2.1  Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya Mandiri

P2

2.1.1   Mengidentifikasi suatu masalah yang pernah didengar atau dialami

2.1.2   Menjelaskan masalah yang terjadi di sekolah dengan runtun

2.1.3   Memberi komentar masalah yang sedang terjadi

2.1.4   Memberikan saran pemecahan masalah

P2

Hal-hal tentang masalah di sekolah (kebersihan, kebun sekolah, pelestarian lingkunan) Berbicara

4 x 35 mt

2.2  Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa Kreatif

C3

2.2.1   Menulis daftar pertanyaan sesuai dengan topik wawancara

2.2.2   Melakukan wawancara dengan bahasa yang santun

C3

Contoh daftar pertanyaan wawancara Berbicara

4 x 35 mt

2.3  Melaporkan hasil karya wisata dengan bahasa runtut, baik, dan benar secara lisan Tanggung jawab

A2

2.3.1   Menyusun laporan hasil karya wisata

2.3.2   Membacakan laporan hasil karya wisata

A2

Contoh laporan hasil karya wisata Membaca

4 x 35 mt

2.4  Menanggapi hasil laporan teman dari hasil karya wisata Demokratis

C2

2.4.1   Memberi tanggapan hasil laporan teman dari hasil karya wisata

C2

Laporan dari hasil karya wisata teman Membaca

4 x 35 mt

  1. Memahami berbagai ragam wacana dan teks dengan berbagai cara membaca (lancar, diam, intensif, dan cepat) untuk memperoleh berbagai informasi, dan membaca gending macepat
3.1  Membaca cepat dan lancar teks dengan lafal dan intonasi yang tepat Gemar membaca

C1

3.1.1   Membaca lancar wacana huruf latin

3.1.2   Membaca teks beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.1.3   Menjawab pertanyaan isi teks

C1

Teks wacana/cerita singkat Membaca

4 x 35 mt

3.2  Mengungkapkan isi bacaan/teks melalui membaca diam Mandiri

C3

3.2.1   Mencari kata-kata sulit dalam teks bacaan

3.2.2   Menemukan isi pokok teks bacaan

3.2.3   Menjawab pertanyaan tentang isi teks

3.2.4   Menyimpulkan isi teks dengan bahasa yang santun

C3

Teks wacana/cerita  

3.3  Membaca diam dengan pemahaman isi dan kebahasaan Tekun, disiplin

C1

3.3.1   Membaca diam itensif, pemahaman makna bacaan

3.3.2   Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan

3.3.3   Mengembangkan kebahasaan

C1

Daftar pertanyaan bacaan

Kosa kata, sor singgih basa, antonim, sinonim, polisemi

 

3.4  Membaca prosa dan puisi Bali anyar Kreatif

C2

3.4.1   Membaca prosa dengan lafal dan intonasi yan benar

3.4.2   Mendeklamasikan pembacaan puisi Bali anyar

C2

Teks prosa dan puisi Bali anyar Membaca

4 x 35 mt

3.5  Melantunkan gending-gending Bali Cinta tanah air

C1

3.5.1   Melafalkan baris-baris gending Bali dengan berirama

3.5.2   Melantunkan gending-gending Bali (macepat) dengan irama yang sesuai

C1

Gending-gending Bali (sekar alit) Membaca

4 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis  (latin dan aksara Bali) dalam bentuk karangan, surat undangan
4.1  Menulis karangan berdasarkan pengalaman menggunakan huruf latin dan aksara Bali Kreatif

C3

4.1.1   Menentukan tema dan judul karangan berdasarkan pengalaman sendiri

4.1.2   Menyusun karangan dengan komposisi sederhana (pendahuluan, isi, penutup)

C3

C3

Daftar judul karangan Menulis

4 x 35 mt

4.2  Menulis surat undangan (acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) menggunakan huruf latin dan aksara Bali Mandiri

C3

4.2.1   Membuat surat undangan acara-acara tertentu sesuai dengan aturan penulisan yang benar dan menggunakan bahasa yang santun

C3

Contoh salah satu model surat undangan Menulis

4 x 35 mt


 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : BAHASA BALI

KELAS/SEMESTER           : VI/1

TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan cerita
1.1  Menulis hal-hal pentinf/pokok dari suatu wacana yang dibacakan Tekun, disiplin

C2

1.1.1   Mendengarkan berita suatu peristiwa melalui radio/TV

1.1.2   Menuliskan isi pokok berita yang didengar  melalui radio/TV

1.1.3   Menceritakan kembali pokok-pokok isi berita

1.1.4   Menyebutkan isi pokok bagian demi bagian puisi Bali anyar dan gending Bali

1.1.5   Menuliskan pesan yang disampaikan melalui prosa, puisi, dan gending Bali yan didengar

C1

C2

C2

Berita radio/TV Mendengar/menyimak

4 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap tentang berbagai topik, menceritakan kembali apa yang didengar, dan dibaca
2.1  Menceritakan secara lisan pengalaman melakukan suatu kegiatan Tekun/

keberanian

P2

2.1.1   Menyebutkan hal-hal pokok pengalaman kepada teman, orang lain dengan bahasa teratur, runtun, dan komunikatif

2.1.2   Bercerita tentang pengalaman yang pernah dialami dalam melakukan suatu kegiatan

2.1.3   Mengemukakan pendapat tentang suatu hal

P1

P2

P1

Cerita pengalaman yang pernah dialami

 

Wacana yang mengndung suatu masalah

Berbicara

4 x 35 mt

2.2  Memerankan drama anak yang singkat Disiplin, kreatif, berani

P2

2.2.1   Memberi tanggapan tentang suatu hal dengan argumentasi yang tepat

2.2.2   Mengemukakan pendapat tentang sebab akibat suatu hal dengan menggunakan bahasa yang santun

2.2.3   Bermain peran dalam drama anak-anak

P2

P2

P2

Drama anak-anak Berbicara

4 x 35 mt

2.3  Menanggapi peran drama yang diperankan oleh teman Tekun/

keberanian

P2

2.3.1   Bercakap-cakap tentang dialog drama anak-anak dengan intonasi yang benar

2.3.2   Memerankan drama anak-anak

2.3.3   Menanggapi peran drama yang diperankan oleh teman dengan bahasa yang santun

Teks drama anak-anak Berbicara

4 x 35 mt

  1. Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, cerita rakyat dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1  Membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang sesuai Disiplin/

Keberanian

C1

3.1.1   Membaca intensif teks pidato perpisahan

3.1.2   Mencatat ide pokok dalam setiap paragraf dalam teks pidato

3.1.3   Membaca teks pidato dengan lafal, nada, itonasi, mimik, dan ekspresi yang tepat

C1

C2

C1

Membaca pidato perpisahan Membaca

4 x 35 mt

3.2  Bercerita dengan kata-kata dan kalimat sendiri tentang cerita rakyat yang dibaca Disiplin/

Keberanian

A1

3.2.1   Mencatat ide-ide pokok dalam cerita rakyat

3.2.2   Menceritakan kepada teman dengan kata-kata dan kalimat sendiri tentang cerita rakyat yang dibaca

3.2.3   Memberi makna kata-kata tertentu yang terdapat dalam cerita

A1

A2

P1

Teks cerita rakyat Membaca

4 x 35 mt

  1. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali
4.1  Menuliskan kerangka pidato huruf latin dan aksara Bali Tekun, kreatif

P1

4.1.1   Membuat kerangka pidato huruf latin dan aksara Bali (pembukaan, isi, dan penutup)

4.1.2   Menentukan tema dan judul pidato

P1

Contoh teks pidato ulang tahun, perpisahan sekolah Menulis

4 x 35 mt

4.2  Menulis pidato menggunakan huruf latin dan aksara Bali Tekun, tanggung jawab

P3

4.2.1   Menyusun sebuah pidato dengan menggunakan huruf latin

4.2.2   Menyalin naskah pidato dan huruf latin ke aksara Bali

P1

P2

Teks pidato Menulis

4 x 35 mt

4.3  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar menggunakan huruf latin dan aksra Bali Tekun, disiplin

P3

4.3.1   Menulis ringkasan isi cerita huruf latin dan aksara Bali

4.3.2   Menyalin teks aksara Bali ke huruf latin sesuai dengan ejaan yang disempurnakan

4.3.3   Menyalin teks huruf latin ke aksara Bali sesuai dengan pasang aksara Bali

P1

P2

  Menulis

4 x 35 mt

4.4  Menyalin teks, wacana yang menggunakan aksara Bali Tekun, tanggung jawab

P3

4.4.1   Menyalin wacana huruf latin ke aksara Bali sesuai dengan pasang aksara Bali

4.4.2   Menyalin wacana aksara Bali ke huruf latin sesuai dengan ejaan yang disempurnakan

P2

P2

Teks wacana huruf latin dan aksara Bali Menulis

4 x 35 mt


 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

SILABUS

Nama Sekolah           : …

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali

Kelas/Program          : I

Semester                     : I

Standar Kompetensi : Mendengarkan

                                    : 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng (satua) yang dilisankan

KD

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/Alat

Nilai Karakter

1.1  Membedakan berbagai jenis bunyi/bahasa binatang Cerita Siap Selem Mendengarkan berbagai jenis bunyi/bahasa binatang melalui media

Praktek menirukan berbagai bunyi/bahasa binatang

Mendengarkan cerita Siap Selem yang diceritakan guru

Bermain peran secara sederhana cerita Siap Selem

1.1.1   Menyebutkan berbagai jenis binatang sekitar

1.1.2   Menirukan bunyi berbagai jenis binatang

1.1.3   Memerankan tokoh dalam cerita Siap Selem

Bentuk: tes

Jenis: tes lisan

2 x 35 Buku Pradnya Sari Kelas I

Media elektronik

Gambar binatang

Kejujuran, kerja sama

 


 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR (SD) BALI

Alamat: Jln. Raya Puputan – Renon Denpasar Telp. (0361) 246022

 

SILABUS

Nama Sekolah           : …

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali

Kelas/Program          : VI

Semester                     : I

Standar Kompetensi : Mendengarkan

                                    : 1. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gegendingan, dan cerita 

KD

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/Alat

Nilai Karakter

1.1  Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan Berita radio tentang suatu peristiwa Mendengarkan berita tentang suatu peristiwa melalui radio/TV

Menulis isi pokok dari berita yang didengar

Mendiskusikan kosa kata dan mencari artinya

Mendiskusikan arti kosa kata dengan teman

1.1.1   Mendengarkan berita suatu peristiwa dari radio/TV

1.1.2   Menuliskan isi pokok berita yang didengar melalui radio/TV

Bentuk: tes

Jenis: tes lisan

2 x 35 Berita radio/TV tentang suatu peristiwa Tekun/

disiplin


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

  1. 1.    Identitas Sekolah

Nama Sekolah       : …

Mata Pelajaran     : Bahasa Bali

Kelas/Semester      : VI/1

Pertemuan ke-      : satu dan dua

Alokasi Waktu      : 4 x 35 menit (dua kali pertemuan)

  1. 2.    Standar Kompetensi        : 1. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan cerita
  2. 3.    Kompetensi Dasar          : 1.1 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan
    1. 4.    Indikator                          : 1.1.1 Mendengarkan berita suatu peristiwa melalui radio atau televisi

1.1.2 Menuliskan isi pokok berita yang didengar melalui radio/TV

  1. 5.    Tujuan Pembelajaran     : Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat:
    1. Menyimak berita radio/TV tentang suatu peristiwa
    2. Menuliskan isi pokok berita yang didengar malalui radio/TV

Karakter siswa yang diharapkan: tekun/disiplin

  1. 6.    Materi Ajar                      : Berita radio/TV tentang suatu peristiwa
  2. 7.    Alokasi Waktu                 : 2 x 35 menit
  3. 8.    Metode Pembelajaran     : Pengamatan, diskusi, dan pemberian tugas
  4. 9.    Langkah-Langkah Kegiatan:
    1. Pendahuluan                 : Absensi siswa dilanjutkan dengan mengucapkan salam

Apersepsi: Dengan mengajukan pertanyaan tentang pengalaman di rumahnya

  1. Kegiatan inti                 :

-       Menyuruh siswa menyimak/mendengarkan berita radio/TV yang diperdengarkan guru

-       Menugaskan siswa menuliskan isi pokok berita yang didengar

-       Mengajak siswa berdiskusi tentang isi pokok berita yang didengar

-       Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang suatu diperdengarkan guru

-       Menanggapi isi pokok berita dengan argumentasi yang baik

  1. Penutup                         :

-       Guru bersama dengan siswa menyimpulkan isi pokok berita yang didengar

-       Guru mempertegas kembali tentang hasil kesimpulan yang dibahas tentang materi berita yang didengar

-       Guru memberikan tugas PR kepada siswa mengerjakan soal-soal pada buku LKS halaman 5 yang berkaitan dengan materi yang dibahas

-       Guru menugaskan siswa membuat kliping tentang suatu peristiwa yang terjadi

-       Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

  1. 10.    Penilaian
    1. Bentuk                         : Tes
    2. Jenis                             : Tes tertulis soal-soal terlampir
    3. 11.    Alat dan Sumber Bahan: Buku Kusumasari Kelas VI

Buku LKS Bahasa Bali

Radio/TV

 

 

 

KISI-KISI SOAL

SK

KD

INDIKATOR

BENTUK SOAL

Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan cerita Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan/didengar Mendengarkan berita suatu peristiwa melalui radio atau televisi

Menuliskan isi pokok berita yang didengar melalui radio/TV

Uraian 5 soal

Pilihan ganda 5 soal

KMMT

 

Lembar Soal

  1. I.     Sautin petakone beten ene!
  2. Tegarang terangang encen dogen ane madan peristiwa?
  3. Dija dogen iraga patut maca utawi ningeh indik peristiwa ane ada di gumine?
  4. Taen ke cerik-cerike ningehang berita indik linuh?
  5. Yening taen, tegarang satuang unteng berita indik linuhe ento?
  6. Kenken patut iraga yen ada linuh gede?

 

  1. II.  Isinin tanda (X) aksara a, b, c, utawi d di arep pasaut ane beneh!
  2. Dugas tanggal 13 Oktober di Denpasar ada … gejerane gede pesan.
    1. Ujan              b. Banjir          c. Linuh           d. Tanah longsor
    2. Yening ngae kliping patut ngalih berita di …
      1. Koran            b. Radio          c. Televisi        d. Hp
      2. Linuhe ane mawit uli beten pasihe kadanin linuh …
        1. Vulkanik       b. Tektonik      c. Unik                        d. Banjir bandang
        2. Yen ningehang berita yadiastun uli radio utawi TV sekenang ningehang apang tawang unteng …
          1. Linuhe           b. Radione       c. Televisine    d. Beritane
          2. Yening ada timpal kena baya umahne uug krana linuh iraga patut …
            1. Nulungin       b. Ningalin      c. Nelokin        d. Depin dogen

 

 

 

Bobot I            = 2

Bobot II          = 2

Skor                 = Jumlah betul x 10 = N

 

Kunci jawaban

  1. Linuh, blabar, gunung meletus, tanah embid, macaplagan.
  2. Koran, radio, televisi, internet.
  3. Taen.
  4. Linuhe di Denpasar tanggal 13 Oktober 2011 sawetara dauh 11.00 gejerane 6,8 SR.
  5. Malaib ke tongos ane inang/jimbar.

 

  1. c             2. a                  3. b                  4. d                  5. a

 

Penugasan Terstruktur (PT)

KD I    : Ceritakanlah isi cerita dengan bahasamu sendiri!

 

Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur (KMTT)

Carilah buku cerita/satua Bali di perpustakaan kemudian buat ringkasan ceritanya supaya selesai satu mingu lagi!

 

Penugasan Terstruktur (PT)

KD II  : Nyanyikan atau bacakan puisi/lagu yang ada pada buku ajarmu!

 

Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur (KMTT)

Karanglah sebuah puisi Bali anyar judul bebas kemudian dikumpul satu minggu lagi!


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali

Kelas/Semester          : VI/1

Pertemuan ke-           : Dua

Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap berbagai topik, mengetahui/menceritakan kembali apa yang didengar, dibaca, memerankan drama singkat.

Kompetensi Dasar     : – Bercakap-cakap mengenai isi wacana/bacaan

-   Menceritakan pengalaman, hasil pengamatan

Indikator                   : – Menjelaskan/mengemukakan pendapat tentang suatu soal

-   Menjelaskan pendapat dalam berargumentasi tentang suatu soal

-   Mengemukakan pendapat sebab akibat suatu soal

-   Menjelaskan hal-hal pokok pengalaman pengamatan kepada teman, orang lain dengan bahasa teratur dan komunikatif

  1. I.     Tujuan Pembelajaran     : Siswa mampu bercakap-cakap mengenai isi wacana dan menceritakan pengalaman dari hasil pengamatan
  2. II.  Materi Ajar                      : Wacana yang mengandung masalah (NELOKIN TOMPAL GELEM)
  3. III.    Metode Pembelajaran    : Pengamatan, diskusi, dan dramatisasi
  4. IV.    Kegiatan Pembelajaran :

Langkah-Langkah:

  1. Kegiatan awal   : Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan anggota antara 5 atau 6 orang siswa
  2. Kegiatan inti     : Siswa menyimak dengan seksama wacana yang diwacanakan guru

Siswa dibimbing untuk menceritakan kembali isi percakapan

Siswa diberi kesempatan untuk bertanya

Siswa diberi tugas untuk meringkas isi percakapan

  1. Kegiatan akhir   : Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan isi materi pembelajaran

Guru menutup pembelajaran dengan memberi tugas terstruktur berupa tes tulis

 

     Pertemuan Kedua:

  1. Kegiatan awal     : Siswa dikelompokkan kembali dengan anggota antara 5 sampai 6 orang siswa
  2. Kegiatan inti        : Siswa menyimak isi wacana yang dibacakan guru

Siswa berdiskusi tentang isi wacana/bacaan

Siswa mendramatisasi isi wacana

Siswa menceritakan hasil pengalaman

  1. Kegiatan akhir     : Guru bersama-sama siswa menyimpulkan isi materi pembelajaran

Guru menutup pembelajaran dengan memberi tugas sesuai dengan bahan ajar yang telah disampaikan

 

  1. V.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
  2. Alat dan bahan  : Buku cerita
  3. Sumber bahan    : Buku Kusumasari 6
    1. VI.   Penilaian

Prosedur tes: a. Tes lisan  : ada

  1. Tes tertulis                   : ada
  2. Penugasan terstruktur  : ada

 

Soal-soal terlampir.

 

 

Muatan Lokal Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (Mi)

 

  1. A.  Latar Belakang

Pengaruh positif akibat globalisasi dan industrialisasi adalah terbentuknya karakter manusia yang menghargai waktu, menghargai sesama, peduli lingkungan, efektif, dan efesien serta dapat membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk. Hal ini berpengaruh terhadap perilaku masyarakat yang cenderung individual dan mengabaikan kebersamaan, kegotongroyongan, dan sendi-sendi kehidupan lainnya.

Persoalan yang muncul di msyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang konsumtif, pelanggaran tata tertib, etika, dan degradasi moral menjadi topik pembahasan hangat di media massa, seminar, dan di berbagai kesempatan. Untuk menangkal makin merebaknya perilaku amoral pada peserta didik diperlukan upaya-upaya penanaman pengetahuan, sikap, dan perbuatan yang berakhlak mulia sesuai dengan karakter bangsa Indonesia dengan memberikan pendidikan budi pekerti yang menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik.

Pendidikan budi pekerti dilaksanakan untuk pembentukan watak kepribadian peserta didik secara utuh yang tercermin pada perilaku berupa pikran, ucapan, perbuatan, sikap, dan hasil karya yang baik. Realisasi pendidikan budi pekerti perlu diwujudkan dalam lingkup keluarga, masyarakat, dan sekolah secara terpadu serta berkesinambungan. Dengan sendirinya pelaksanaan pendidikan budi pekerti dapat diwujudkan melalui upaya keteladanan, pembiasaan, pengalaman, pembinaan perilaku perbuatan-perbuatan yang baik dan berwawasan peduli lingkungan.

Sehubungan dengan itu pelaksanaan pendidikan budi pekerti di daerah propinsi Bali berdasarkan Perda Nomor 3 tahun 1992 yang ditindaklanjuti dengan surat adaran Kakanwil Depdikbud Propinsi Bali Nomor 715/I/19/I.1994 yang menggariskan bahwa bahasa daerah Bali dan budi pekerti agar djadikan muatan lokal wajib pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang menentukan kenaikan kelas dan kelulusan peserta didik. Dalam pelaksanaannya, alokasi waktu disesuaikan dengan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.

 

  1. B.  Tujuan

Tujuan muatan lokal budi pekerti adalah:

  1. Mendorong kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal, nasional, dan tradisi budaya bangsa yang religius.
  2. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai penerus bangsa.
  3. Memupuk ketegaran dan kepekaan mental peserta didik terhadap situasi sekitarnya sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimppang baik secara individual maupun sosial.
  4. Meningkatkan kemampuan untuk menghindari sifat-sifat yang dapat merusak diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

 

  1. C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup muatan lokal budi pekerti adalah:

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan Tuhan.
  2. Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat manusia (potensi diri).
  3. Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan antara manusia dengan manusia.
  4. Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan antara manusia dengan lingkungan (lingkungan alam, sosial, dan budaya).

 

 

 

 

 

  1. D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
1.1  Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa

1.2  Menaati ajaran agama

 

Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami potensi diri
2.1  Memiliki rasa menghargai diri sendiri

2.2  Memiliki disiplin diri

 

Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami potensi diri
1.1  Memiliki rasa percaya diri

1.2  Memiliki rasa malu

 

Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami potensi diri
2.1  Memiliki etos belajar/etos kerja

2.2  Memiliki rasa keterbukaan

 

Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia
1.1  Memiliki rasa kesetiakawanan

1.2  Menunjukkan sikap saling menghargai dan menghormati

 

Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia
2.1  Memiliki tata krama dan sopan santun

2.2  Memiliki sikap kegotongroyongan

2.3  Memiliki rasa tanggung jawab

 

Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia
1.1  Menunjukkan sikap toleransi

1.2  Mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang

 

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia
2.1  Memiliki sikap kepekaan sosial/kepedulian terhadap sesama

2.2  Memiliki sikap tenggang rasa

 

Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan
1.1  Memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan

1.2  Menghargai dan mencintai lingkungan

 

Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan
2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap kerusakan lingkungan

2.2  Mengungkapkan rasa indah terhadap alam

 

Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan
1.1  Menjaga dan melestarikan lingkungan

1.2  Menumbuhkan dan mengembangkan sikap ramah lingkungan

Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan
2.1  Memahami lingkungan sebagai sumber kehidupan

2.2  Menumbuhkan sikap menghargai dan mencintai lingkungan

2.3  Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber kehidupan

 

  1. E.  Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar ini menjadi arah dan landasan unutk mngembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian agar berpedoman pada standar proses dan standar penilaian.


 

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

 

Mata Pelajaran: Budi Pekerti SD/Mi

  1. 1.    Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

Memahami dan menerapkan sikap dan perilaku yang mencerminkan keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, taat menjalankan perintah-Nya serta menghindari larangan ajaran agama.

  1. 2.    Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat manusia (potensi diri)

Bersikap dan berperilaku yang mencerminkan rasa percaya diri, menghargai diri sendiri, disiplin diri, memiliki rasa malu, rasa keterbukaan, dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya serta bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya.

  1. 3.    Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan manusia

Bersikap dan berperilaku yang mencerminkan rasa setia kawan, saling menghormati, bertata krama, sopan santun, kegotongroyongan, tolerani, tenggang rasa, cinta dan kasih sayang, kepekaan sosial/kepedulian terhadap sesama serta dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

  1. 4.    Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan lingkungan

Menunjukkan sikap yang mencerminkan kepedulian terhadap linhkungan, mencintai, menghargai, melestarikan, mengembangkan, serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber kehidupan.


 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SEKOLAH DASAR …

Alamat: … Telp. (0361) …

 

ANALISIS SK-KD

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

KELAS/SEMESTER           : I/1

TAHUN PELAJARAN       : 2012/2013

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
1.1  Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa

 

 

1.2  Menaati ajaran agama

  • Religius
  • Jujur
  • Tanggung jawab

C2

C3

1.1.1   Menyebutkan ciptaan Tuhan

1.1.2   Menyebutkan tempat suci masing-masing agama

1.1.3   Menunjukkan cara beribadah yang benar

 

1.2.1   Menyebutkan contoh perbuatan baik

1.2.2   Menyebutkan contoh perbuatan tidak baik

1.2.3   Menjelaskan akibat melakukan perbuatan baik

1.2.4   Menjelaskan akibat melakukan perbuatan tidak baik

C1

C1

C2

C1

C1

C2

C2

Keyakinan kepada Tuhan Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan Tuhan

6 x 35 menit

6 x 35 menit

 


 

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

KELAS/SEMESTER           : II/1

TAHUN PELAJARAN       : 2012/2013

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami potensi diri
1.1  Memiliki rasa percaya diri

 

 

 

 

1.2  Memiliki rasa malu

  • Mandiri
  • Kreatif
  • Disiplin
  • Tanggung jawab

C2

C2

1.1.1   Menunjukkan kemampuan diri

1.1.2   Mengemukakan pendapat sendiri

1.1.3   Menunjukkan semangat dalam belajar/bekerja

1.1.4   Mengerjakan tugas dengan baik

 

1.2.1   Menyebutkan contoh perbuatan yang melanggar tata tertib

1.2.2   Menjelaskan akibat melakukan perbuatan yang melanggar tata tertib

1.2.3   Membedakan perbuatan baik dan perbuatan tidak baik

C2

C2

C1

C2

C1

C2

C2

Potensi diri Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat manusia

6 x 35 menit

6 x 35 menit

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

KELAS/SEMESTER           : III/1

TAHUN PELAJARAN       : 2012/2013

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia
1.1  Memiliki rasa kesetiakawanan

 

 

 

 

 

1.2  Menunjukkan sikap saling menghargai dan menghormati

  • Toleransi
  • Bersahabat
  • Cinta damai

C2

C3

1.1.1   Memberikan contoh sikap peduli terhadap penderitaan orang lain

1.1.2   Menunjukkan sikap saling menolong antar sesama

1.1.3   Menunjukkan sikap saling menghormati terhadap sesama

 

1.2.1   Menunjukkan sikap saling menghargai teman yang berbeda agama

1.2.2    Menunjukkan sikap menghormati orang yang lebih tua

1.2.3   Menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain

C2

C1

C1

C1

C1

C1

Toleransi Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan manusia

6 x 35 menit

6 x 35 menit

 


 

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

KELAS/SEMESTER           : IV/1

TAHUN PELAJARAN       : 2012/2013

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan manusia
1.1  Menunjukkan sikap toleransi

 

 

 

 

 

1.2  Mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang

  • Toleransi
  • Bersahabat
  • Cinta damai

C3

C3

1.1.1   Memberikan contoh sikap toleransi antar sesama

1.1.2   Memberikan contoh sikap tidak menghargai sesama

1.1.3   Menjelaskan akibat tidak menghargai sesama

 

1.2.1   Memberikan contoh sikap saling cinta terhadap sesama

1.2.2   Memberikan contoh sikap kasih sayang terhadap sesama

1.2.3   Manjelaskan akibat menyayangi teman

C1

C1

C2

C1

C1

C2

Toleransi Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan manusia

6 x 35 menit

6 x 35 menit

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

KELAS/SEMESTER           : V/1

TAHUN PELAJARAN       : 2012/2013

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan
1.1  Memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan

 

 

 

 

1.2  Menghargai dan mencintai lingkungan

  • Peduli sosial
  • Peduli lingkungan

 

 

 

 

  • Peduli sosial
  • Peduli lingkungan

C3

C3

1.1.1   Menyebutkan contoh-contoh kerusakan lingkungan

1.1.2   Menjelaskan tindakan yang dapat merusak lingkungan

1.1.3   Menyebutkan contoh perilaku menjaga linhkungan

 

1.2.1   Membedakan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat

1.2.2   Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat

1.2.3   Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tidak sehat

1.2.4   Menjelaskan cara melestarikan lingkungan

C1

C1

C1

C2

C1

C1

C2

Peduli lingkungan Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan lingkungan

6 x 35 menit

6 x 35 menit

 


 

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

KELAS/SEMESTER           : VI/1

TAHUN PELAJARAN       : 2012/2013

 

SK

KD

Nilai Karakter

Tingkat Ranah KD

Indikator Pencapaian KD

Tingkat Ranah IP-KD

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

  1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan
1.1  Menjaga dan melestarikan lingkungan

 

 

 

1.2  Menumbuhkan dan mengembangkan sikap ramah lingkungan

  • Peduli sosial
  • Peduli lingkungan

 

 

 

  • Peduli sosial
  • Peduli lingkungan

C3

C3

1.1.1   Mengenal lingkungan alam

1.1.2   Menyelidiki manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia

1.1.3   Menyebutkan cara-cara melestarikan lingkungan alam

 

1.2.1   Membedakan sampah organik dengan sampah anorganik

1.2.2   Menyebutkan akibat sampah

1.2.3   Menunjukkan cara mengelola sampah

1.2.4   Menunjukkan cara melestarikan lingkungan

C1

C3

C1

C2

C1

C3

C3

Peduli lingkungan Memahami dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti melalui hakikat hubungan manusia dengan lingkungan

6 x 35 menit

6 x 35 menit

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SD/SMP/SMA/SMK …

Alamat: … Telp. (0361) …

 

SILABUS

Nama Sekolah           : …

Mata Pelajaran          : Budi Pekerti

Kelas/Program          : I

Semester                     : I

Standar Kompetensi : Memahami dan menerapkan nilai-nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

KD

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/Alat

Nilai Karakter

1.1  Keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa Keyakinan kepada Tuhan
  1. Menyebutkan ciptaan Tuhan melalui pengamatan lingkungan sekolah
  2. Menyebutkan tempat suci masing-masing agama melalui pengamatan gambar
  3. Menunjukkan cara beribadah yang benar melalui demonstrasi
1.1.1   Menyebutkan ciptaan Tuhan

1.1.2   Menyebutkan tempat suci masing-masing agama

1.1.3   Menunjukkan cara beribadah yang benar

Tertulis

 

Tertulis

 

 

 

Unjuk kerja

2 x 35 menit

2 x 35 menit

 

 

2 x 35 menit

  • Buku Budi Pekerti Kelas I SD
  • Lingkungan sekolah
  • Gambar tempat suci
Religius
1.2  Menaati ajaran agama Menaati ajaran agama
  1. Melalui membaca cerita siswa dapat menyebutkan contoh perbuatan baik
  2. Melalui membaca cerita siswa dapat menyebutkan contoh perbuatan tidak baik
1.2.1   Menyebutkan contoh perbuatan baik

1.2.2   Menyebutkan contoh perbuatan tidak baik

1.2.3   Menjelaskan akibat melakukan perbuatan baik

1.2.4   Menjelaskan akibat melakukan perbuatan tidak baik

Tertulis

 

 

Tertulis

 

 

Tertulis

 

 

Tertulis

1 x 35 menit

 

1 x 35 menit

 

2 x 35 menit

 

2 x 35 menit

  • Buku Budi Pekerti Kelas I
  • Cerita anak
Jujur

Bertanggung jawab

 


 

PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA …

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA

SD/SMP/SMA/SMK …

Alamat: … Telp. (0361) …

 

SILABUS

Nama Sekolah           : …

Mata Pelajaran          : Budi Pekerti

Kelas/Program          : VI

Semester                     : I

Standar Kompetensi : Memahami dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan

KD

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/Alat

Nilai Karakter

1.1  Menjaga dan melestarikan lingkungan Pelestarian lingkungan
  1. Menyebutkan jenis lingkungan alam melalui observasi lingkungan sekolah
  2. Menganalisis manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia melalui diskusi kelompok
  3. Mendiskusikan cara-cara melestarikan lingkungan alam
1.1.1   Mengenal lingkungan alam

1.1.2   Menyelidiki manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia

1.1.3   Menyebutkan cara-cara melestarikan lingkungan alam

Lisan

 

Tertulis

 

 

 

 

Tertulis

2 x 35 menit

2 x 35 menit

 

 

 

2 x 35 menit

  • BSNP
  • Buku ajar Pendidikan Budi Pekerti Kelas VI
Peduli lingkungan
1.2  Menumbuhkan dan mengembangkan sikap ramah lingkungan
  1. Membedakan sampah organik dengan sampah anorganik melalui diskusi
  2. Menyebutkan akibat sampah melalui diskusi kelompok
  3. Menunjukkan cara mengelola sampah melalui demonstrasi
  4. Menunjukkan cara melestarikan lingkungan melalui demonstrasi
1.2.1   Membedakan sampah organik dengan sampah anorganik

1.2.2   Menyebutkan akibat sampah

Tertulis

 

 

 

Tertulis

2 x 35 menit

 

 

2 x 35 menit

 


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                       : …

Mata Pelajaran          : Pendidikan Budi Pekerti

Kelas                           : I

Semester                     : 1

 

Standar Kompetensi : 1. Memahami dan menerapkan nilai-nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

Kompetensi Dasar    : 1.2 Menaati ajaran agama

Indikator Pencapaian:

1.2.1     Menyebutkan contoh perbuatan baik

1.2.2     Menyebutkan contoh perbuatan tidak baik

1.2.3     Menjelaskan akibat melakukan perbuatan baik

1.2.4     Menjelaskan akibat melakukan perbuatan tidak baik

 

  1. A.  Tujuan Pembelajaran
  2. Melalui menyimak cerita siswa dapat menyebutkan perbuatan baik
  3. Melalui menyimak cerita siswa dapat menyebutkan perbuatan tidak baik
  4. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan akibat melakukan perbuatan baik
  5. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan akibat melakukan perbuatan tidak baik

 

  1. B.  Materi Pokok

Menaati ajaran agama

Cerita anak

 

 

 

 

 

 

Bawang Merah dan Bawang Putih

 

Diceritakan ada seorang ibu yang mempunyai dua orang anak perempuan yang cantik-cantik yang bernama Bawang Merah dan Bawang Putih. Bawang Merah mempunyai sifat malas, rakus, suka berbohong, suka memfitnah, tidak mau bekerja. Sedangkan Bawang Putih mempunyai sifat yang sangat berbeda dengan Bawang Merah. Bawang Putih adalah anak yang rajin, penurut, suka menolong, jujur, dan pintar.

Pada suatu hari Bawang Putih pergi ke sungai mencuci baju yang sangat banyak disuruh oleh Bawang Merah. Dia mencuci sambil menangis karena merasa kasihan difitnah oleh Bawang Merah. Kemudian datanglah seorang kakek yang merasa kasihan kepada Bawang Putih. Karena Bawang Putih diberikanlah hadiah sebuah semangka oleh kakek itu. Sampai di rumah semangka itu dibelah, ternyata berisi perhiasan emas.

Melihat Bawang Putih memakai perhiasan emas, Bawang Merah merasa iri, kemudian bertanya pada Bawang Putih tentang asal usul perhiasan itu. Kemudian menceritakan kisahnya. Mendengar cerita Bawang Putih, dengan serakahnya Bawang Merah mengikuti jejak Bawang Putih mencuci baju sambil berpura-pura menangis. Singkat cerita datanglah kakek itu dan memberikan sebuah semangka. Alangkah senangnya Bawang Merah. Sampai di rumah semangka itu dibelah. Alangkah terkejutnya Bawang Merah melihat isi semangka itu ternyata berisi ular, kalajengking, kelabang, dan sebagainya. Itulah akibat orang yang suka iri hati, memfitnah, berbohong.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. C.  Nilai Karakter
  • Jujur
  • Bertanggung jawab

 

  1. D.  Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Penugasan
  • Diskusi
  1. E.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

  1. 1.    Kegiatan Pendahuluan
    1. Mengucapkan salam
    2. Guru mengabsen siswa
    3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Guru menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
    5. Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
    6. Apersepsi: guru memberikan pertanyaan perbuatan baik dan perbuatan tidak baik yang pernah dilakukan siswa
    7. 2.    Kegiatan Inti

Eksplorasi

  1. Guru menceritakan cerita Bawang Merah dan Bawang Putih
  2. Siswa menyimak cerita Bawang Merah dan Bawang Putih yang diceritakan oleh guru

Elaborasi

  1. Siswa menyebutkan perbuatan baik yang ada dalam cerita secara berkrlompok (NK: Jujur)
  2. Siswa menyebutkan perbuatan tidak baik yang ada dalam cerita secara berkrlompok (NK: Jujur)
  3. Siswa ditugaskan menulis tentang perbuatan baik yang dilakukan sehari-hari secara berkelompok
  4. Siswa ditugaskan menulis tentang perbuatan tidak baik yang dilakukan sehari-hari secara berkelompok
  5. Siswa membacakan hasil diskusi kelompok di depan kelas (NK: Bertanggung jawab)

Konfirmasi

  1. Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban siswa yang masih menyimpang
  2. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang menjawab benar
  3. 3.    Kegiatan Penutup
    1. Guru melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan
    2. Siswa bersama guru menyimpulkan contoh perbuatan baik dan perbuatan tidak baik
    3. Guru memberikan evaluasi
    4. Guru memberikan KMTT kepada siswa secara individu/kelompok mengumpulkan berbagai cerita dari media cetak, buku majalah, koran

 

Pertemuan Kedua

  1. 1.    Kegiatan Pendahuluan
    1. Mengucapkan salam
    2. Guru mengabsen siswa
    3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Guru menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
    5. Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
    6. Apersepsi: guru mengingatkan siswa tentang cerita Bawang Merah dan Bawang Putih yang diceritakan minggu lalu
    7. 2.    Kegiatan Inti

Eksplorasi

  1. Guru menceritakan kembali secara singkat cerita Bawang Merah dan Bawang Putih
  2. Siswa menyimak kembali cerita Bawang Merah dan Bawang Putih yang diceritakan oleh guru

Elaborasi

  1. Siswa berdiskusi tentang akibat melakukan perbuatan baik secara berkelompok (NK: Jujur)
  2. Masing-masing siswa ditugaskan menulis akibat melakukan perbuatan baik di dalam kelompok
  3. Siswa berdiskusi tentang akibat melakukan perbuatan tidak baik secara berkelompok (NK: Jujur)
  4. Masing-masing siswa ditugaskan menulis akibat melakukan perbuatan tidak baik di dalam kelompok
  5. Masing-masing ketua kelompok membacakan hasil diskusi kelompok di depan kelas (NK: Bertanggung jawab)

Konfirmasi

  1. Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban siswa yang masih menyimpang
  2. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang menjawab benar
  3. 3.    Kegiatan Penutup
    1. Guru melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan
    2. Siswa bersama guru menyimpulkan akibat melakukan perbuatan baik dan perbuatan tidak baik
    3. Guru memberikan evaluasi
    4. Guru memberikan KMTT kepada siswa secara individu/kelompok membuat sinopsis cerita yang dibaca dengan merangkum perbuatan baik dan tidak baik

 

  1. F.   Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Budi Pekerti Kelas I SD
  • Cerita anak Bawang Merah dan Bawang Putih

 

G. Penilaian

  • Teknik    : Tes tertulis
  • Bentuk   : Essay
  • Instrumen:

Soal

Skor

  1. Sebutkan 2 contoh perbuatan baik!

20

  1. Sebutkan 2 contoh perbuatan tidak baik!

20

  1. Apa akibat jika kita menghormati guru?

20

  1. Apa akibat jika kita suka menolong teman?

20

  1. Apa akibat jika kita suka mengejek teman?

20

Total Skor

100

 

 

 

 

Kunci Jawaban:

  1. Menghormati guru, mengucapkan salam, berdoa sebelum makan, berdoa sebelum memulai pelajaran, menolong teman, bersedekah kepada pengemis, dsb.
  2. Mencuri, menyakiti hewan, mengejek teman, menyakiti teman, dsb.
  3. Disayangi guru.
  4. Teman akan menolong saat kita kesusahan.
  5. Dijauhi oleh teman.

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran          : Budi Pekerti

Kelas/Semester          : VI/I

Alokasi Waktu           : 4 x 35 menit

 

Standar Kompetensi : 1. Mengenal dan menerapkan nilai-nilai konsep hubungan manusia dengan lingkungan

Kompetensi Dasar    : 1.2 Menjaga dan melestarikan lingkungan

Indikator Pencapaian:

1.1.1     Mengenal lingkungan alam

1.1.2     Menyelidiki manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia

1.1.3     Menyebutkan cara-cara melestarikan lingkungan alam

 

Tujuan Pembelajaran

  • Melalui ceramah siswa dapat mengenal lingkungan alam
  • Melalui pengamatan siswa dapat menyelidiki manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan manusia
  • Melalui model pembelajaran siswa dapat menyebutkan cara-cara melestarikan lingkungan alam

 

Materi Pokok

  • Pelestarian lingkungan

 

Nilai Karakter: Peduli lingkungan

 

Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi

 

Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. a.    Kegiatan Awal
  • Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
  • Guru mengkondisikan kelas
  • Guru menyampaikan tema yang akan dipelajari
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Guru memberikan apersepsi melalui tanya jawab yang berhubungan dengan tema yang akan dibahas
  1. b.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa menyimak penjelasan guru tentang macam-macam lingkungan alam

Elaborasi

  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengamati lingkunan sekolah
  • Melalui diskusi kelompok siswa menyelidiki manfaat lingkungan alam bagi kehidupan manusia
  • Siswa mempresentasikan hasil pengamatan dengan diwakili oleh satu orang dari masing-masing kelompok
  • Siswa menyebutkan cara-cara melestarikan linhkungan alam

Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik, penguatan bentuk lisan tulisan isyarat terhadap keberhasilan siswa
  • Guru sebagai fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan
  • Guru memotivasi siswa yang kurang atau yang belum berpartisipasi aktif
  1. c.    Kegiatan Akhir
  • Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
  • Guru mengadakan evaluasi hasil belajar siswa
  • Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa PR sebagai penguatan (TT)

 

 

Alat/Bahan/Sumber

  • Sumber: Buku pelajaran yang relevan (Buku Paket Budi Pekerti Kelas VI SD yang relevan dan LKS Widya Kerti Kelas VI SD)

 

Penilaian

  1. Kognitif
  • Tes Tertilis         : Soal isian dan uraian
  • Tes Lisan           : Membaca cerita/dongeng
  1. Afektif
  • Dilakukan dengan cara mengamati sikap siswa dalam mengikuti pelajaran
  1. Psikomotor
  • Diamati selama proses pembelajaran

 

Contoh Soal

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Lingkungan adalah …
  2. Tanaman harus disiram agar tidak …
  3. Membuang sampah sembarangan dapat … lingkungan.
  4. Agar lingkungan asri dan nyaman, harus selalu kita …
  5. Lingkungan yang kotor dapat menimbulkan …

 

Kunci Jawaban

  1. Keadaan yang ada di sekitar kita.
  2. Mati.layu.
  3. Mencemari/mengotori.
  4. Pelihara.
  5. Penyakit.

 

Komentar Anda?

  1. -

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama mengisi komentar berita ini. Tinggalkan komentar anda dibawah ini.

Komentar Anda?